Senin, 29 September 2014

Pentingnya Memahami Pendidikan Anak Usia Dini


Pendidikan anak usia dini atau yang biasa kita sebut PAUD adalah salah satu cara atau upaya yang bertujuan dilakukan pada anak sejak lahir sampai dengan umur 6 tahun, caranya adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang merangsang tumbuhnya kreatifitas anak, dan membantu dalam perkembangan jasmani dan rohani nya. Hal ini dilakukan juga agar si anak mendapat persiapan yang matang untuk bisa melanjutkan ke tingkat berikutnya.

Ada beberapa dasar hukum yang berkaitan dengan pentingnya pendidikan anak usia dini yaitu diantaranya :
1.    Pembukaan UUD tahun 1945
2.    Amandemen UUD tahun 1945 pasal 28 C
3.    UU no 23 tahun 2000 tentang perlindungan anak pasal 9 ayat 1
4.    UU no 20 tahun 2003 pasal 28

Beberapa UU di atas adalah yang berkaitan tentang pentingnya pendidikan anak usia dini, maka dari itu kita harus benar-benar memperhatikan pendidikan dengan kualitas yang baik untuk anak- anak kita.




Di bawah ini beberapa ulasan tentang pentingnya memahami pendidikan anak usia dini yaitu diantaranya :
1.    PAUD merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya manusia di Indonesia

2.    PAUD mempunyai peran yang sangat penting bagi perkembangan anak, mengapa? Karena hal ini merupakan fondasi utama atau fondasi dasar untuk pendidikan anak, jika dalam pendidikan dasarnya baik maka akan memudahkan peranan anak untuk perkembangan dan pendidikan selanjutnya.

3.    PAUD juga menunjang prestasi belajar anak. Karena dengan pendidikan anak yang lebih dini , maka akan membantu perkembangan mental yang baik pada si anak yang berdampak pada meningkatnya prestasi belajar anak, etos kerja , produktivitas dan lain-lain. Pada akhirnya anak tersebut akan mampu mengoptimalkan potensi yang dimilikinya.

4.    Merupakan masa golden age atau biasa disebut masa usia emas, Paud sangatlah penting bagi anak usia dini, karena dari perkembangan otak pada anak usia dini mencapai 80 % perkembangan anak.

5.    Merupakan suatu cerminan diri untuk melihat keberhasilan di masa mendatang. Dengan pendidikan yang baik sedari usia yang dini, maka anak akan tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik. Dengan pertumbuhan dan perkembangan yang baik , si anak bisa membawa harapan yang besar untuk keberhasilan mendatang bagi para orang tua.

Pada intinya tujuan PAUD adalah mengembangkan potensi yang terdapat  pada diri anak baik kemampuan fisik, intelektual, emosional, moral dan agama. Dengan pendidikan yang baik sedari dini, anak akkan menjadi sumber harapan yang besar untuk kemajuan bangsa di masa yang akan datang.
Sekian artikel tentang pentingnya memahami pendidikan anak usia dini, semoga bermanfaat bagi anda semua. Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar