Selasa, 30 September 2014

Artikel Tentang Bunga Anggrek


Ada yang tahu tentang bunga satu ini? Bunga yang tak kalah indah dengan bunga lainnya, bunga anggrek ! Anggrek merupakan tanaman bunga hias yang berupa benalu yang bunganya indah. Anggrek sudah dikenal sejak 200 tahun lalu dan sejak 50 tahun terakhir mulai dibudidayakan secara luas di Indonesia.




Anggrek yang di budidayakan di Indonesia memiliki banyak jenisnya, antara lain Vanda tricolor terdapat di Jawa Barat dan di Kaliurang, Vanda hookeriana, berwarna ungu berbintik-bintik berasal dari Sumatera, anggrek larat/Dendrobium phalaenopis, anggrek bulan/Phalaenopsis amabilis, anggrek Apple Blossom, anggrek Paphiopedilun praestans yang berasal dari Irian Jaya serta anggrek Paphiopedilun glaucophyllum yang berasal dari Jawa Tengah.

Bunga anggrek ini selain memiliki keindahan yang tak bosannya dipandang mata, bunga anggrek juga memiliki banyak manfaat, diantaranya sebagai campuran ramuan obat-obatan, bahan minyak wangi/minyak rambut.


Bunga anggrek ini juga dapat dibedakan menjadi dua macam ,berdasarkan sifat hidupnya yaitu :

Pertama bunga anggrek Ephytis adalah jenis anggrek yang menupang pada batang/pohon lain tetapi tidak merusak/merugikan yang ditumpangi. Alat yang dipakai untuk menempel adalah akarnya, sedangkan akar yang fungsinya untuk mencari makanan adalah akar udara.

Kedua bunga  anggrek semi Ephytis adalah jenis anggrek yang menempel pada pohon/tanaman lain yang tidak merusak yang ditumpangi, hanya akar lekatnya juga berfungsi seperti akar udara yaitu untuk mencari makanan untuk berkembang.

Ketiga bunga  anggrek tanah/anggrek Terrestris adalah jenis anggrek yang hidup di atas tanah.

Bunga anggrek bisa tumbuh dengan sempurna bila kita memperhatikan bagaimana cara merawatnya, selain perawatannya yang penting juga kita harus memperhatikan tentang iklimnya, bunga melati akan tumbuh dengan baik bila iklimnya dalam keadaan seperti berikut :

1.    Angin tidak terlalu kencang dan curah hujan yang terlalu deras berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman anggrek.
2.    Sinar matahari sangat dibutuhkan sekali bagi tanaman ini. Kebutuhan cahaya berbeda-beda tergantung pada jenis tanaman anggrek.
3.    Suhu minimum untuk pertumbuhan anggrek adalah 12,7 derajat C. Jika suhu udara malam berada di bawah 12,7 derajat C, maka daerah tersebut tidak dianjurkan untuk ditanam anggrek.
4.    Tanaman anggrek tidak cocok dalam suasana basah terus menerus, akan tetapi menyukai kelembaban udara di siang hari 65-70 %.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar