Minggu, 28 September 2014

Cara Menjaga Kesehatan Jantung Kita

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Bagaimana cara menjaga kesehatan jantung yang benar? mengapa kita perlu menjaga kesehatan jantung ? Sekilas itulah beberapa pertanyaan yang mungkin seringkali kita abaikan mengingat apabila saat sedang dalam kondisi sehat, manusia terkadang lupa akan segalanya, termasuk juga dalam masalah menjaga kesehatan, terutama organ jantung.
Mengapa harus organ jantung yang menjadi prioritas, sebenarnya semua organ dalam tubuh kita memerlukan suatau perawatan secara berkala, bukan hanya mesin kendaraan saja yang memerlukan pemeriksaan juga perawatan secara kontinyu, malah terkadang tubuh seringkali kita abaikan baru setelah menderita sakit baru kita mau mengingat akan pentingnya dan mahalnya sebuah nilai kesehatan.

Jantung merupakan salah satu organ tubuh manusia yang terpenting, apabila kita menganggap remeh organ yang satu ini sama halnya menyia-nyiakan organ tubuh lainya sebab kerja jantung dengan organ lainya saling mendukung dan terkait, nah jika salah satu oragan tubuh tersebut bermasalah terutama jantung makan akan berdampak pada organ pendukung lainya bahkan dapat berisiko kematian.

Apabila kondisi jantung kita sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya itu merupakan mengindikasikan akan terjadi ganggguan pada sistem yang lain seperti ginjal, juga sirkulasi aliran darah ke seluruh anggota tubuh tidak terkecuali bagian otak.
Nah untuk memelihara kesehatan jantung, bukan siapa-siapa yang pertama harus melakukanya juga bukan para ahli medis seperti dokter juga obat-obatan namun kita sendirilah yang terdepan dengan kesadaran tinggi harus menjaganya. Caranya ? berikut ini beberapa tips guna mengoptimalkan organ jantung kita :

1. Lakukan Relaksasi
Dengan melakukan relaksasi secara rutin setiap hari maka bisa menurunkan hipertensi atau tekanan darah juga hormon yang mengakibatkan stress, sehingga akan terhindar resiko fatal pada jantung dan sistem kardiovaskular.

2. Lakukan Tidur Cukup
Dengan waktu tidur yang cukup dan berkualitas seseorang akan terhindar dari resiko ancaman serangan jantung. Sementara orang yang mendapatkan tidur cukup berat badannya lebih terkontrol dan memiliki kesehatan yang lebih baik.

3. Lakukan Olah Raga Teratur
Olah raga untuk kesehatan jantung harus disini harus dilaukan secara rutin baik setiap hari atau seminggu sekali tergantung kesibukan masing-masing . Dan olah raga untuk kesehatan jantung terbaik adalah jalan kaki. Melakukan jalan kaki dengan cepat selama tiga jam dalam seminggu akan menurunkan resiko terkena penyakit jantung koroner sebesar 30 – 40 %.

4. Berhenti Merokok
Merokok dapat menyebabkan kerusakan pada arteri dan paru-paru, akibat zat-zat dan racun rokok yang berbehaya. Nah dengan berhenti merokok, maka bisa terhindar dari kerusakan jantung. Apabila belum bisa berhenti paling tidak bisa mengurangi frekuensi merokok setiap hari maka akan terhindar dari resiko penyakit jantung.

Selain hal-hal diatas yang perlu anda lakukan adalah mengkonsumsi buah, minum air putih cukup, tinggalkan minuman bersoda, minum teh hijau tanpa gula, hindari makanan cepat saji, hindari jenis makanan berkolesterol tinggi, lakukan latihan atau olah raga beban dan juga banyak tersenyum.Nah, jika kita sudah berusaha melakukan gaya hidup dengan pola makan yang sehat dan seimbang, maka kita bisa menjaga kesehatan jantung kita dengan baik dan terhindar dari penyakit yang rentan terhadap jantung. Semoga artikel tentang tips cara menjaga kesehatan jantung di atas berguna bagi anda sekalian .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar