Minggu, 28 September 2014

Cara Menjaga Kesehatan Gigi

Sakit gigi terjadi karena kurang memperhatikan kesehatan gigi dan mulut, sehingga bisa menimbulkan gigi berlubang, gusi berbengkak dan berdarah serta bau mulut. Apalagi jika sudah terkena yang namanya sakit gigi sungguh merasa terganggu dan tidak menyenangkan bahkan kesenanganpun terasa hilang.
Nah ada baiknya Anda baca artikel dibawah ini tentang cara menjaga kesehatan gigi dan mulut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak menyenangkan. Berikut adalah 12 cara menjaga kesehatan gigi dan mulut, di antaranya :

1. Makanan Sehat
Makan makanan yang sehat dan seimbang. Selain karbohidrat Anda juga memerlukan tambahan nutrisi seperti vitamin dan mineral agar gigi dan gusi tetap sehat. Terutama vitamin A, vitamin C dan vitamin D.

2. Air Putih
Air putih adalah komponen utama dari air liur yang berfungsi untuk menyimpan mineral-mineral yang diperlukan gigi, sekaligus membersihkan partikel makanan yang menempel di sela-sela gigi. Air juga mengandung fluoride yang dapat membuat gusi anda tetap lembab dan memperkuat enamel gigi.

3. Waktu Makan
Berikan jeda waktu antara makan dan ngemil. Ini membantu gigi agar tidak selalu terkena asam. Karena setelah makan, asam akan terbentuk antara 20 – 40 menit.

4. Keju dan Susu
Dua bahan makanan ini mengandung kalsium yang kaya dan baik bagi kesehatan gigi. Kandungan vitamin D dan fosfat juga akan memperkuat gigi agar tak gampang keropos dan dapat memperbaiki komponen gigi yang rusak dengan efektif.

5. Hindari Gula
Minuman dengan gula tambahan seperti jus, teh dan kopi akan membentuk asam pada gigi. Batasi minum minuman dengan gula tambahan. Termasuk juga memakan permen lollipop.

6. Kesehatan Gigi Anak
Jangan membiarkan bayi terlalu lama menggunakan botol susu. Kebiasaan ngedot ini akan membuat gigi terlalu lama terkena karbohidrat sehingga merusak gigi si kecil. Gantilah isi botol susunya dengan air putih, dan biasakan ia minum susu dari gelas.

7. Sikat Gigi
Sikatlah gigi minimal dua kali sehari. Namun, bila memungkinkan sikat gigi setelah makan akan membantu menghilangkan plak yang dapat menciptakan asam.

8. Konsumsi Teh
Teh mengandung polifenol yang dapat menekan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan plak pada gigi. Selain itu, teh juga dapat mencegah gigi berlubang. Untuk hasil yang lebih baik, gunakan madu sebagai pengganti gula biasa. Namun jangan berlebihan karena teh juga bisa membuat gigi menjadi kuning.


9. Benang Gigi
Untuk permukaan gigi yang lebih sehat, Anda bisa menggunakan benang gigi setiap sekali atau dua kali sehari.

10. Berhentilah merokok
Tembakau akan meningkatkan resiko kerusakan gigi dan bahkan gangguan mulut lainnya.

11. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan terbukti mengandung kalsium dan vitamin D serta mineral yang tinggi. Ketiga komponen ini amat baik bagi gigi. Namun mengunyah kacang terlalu sering, apalagi kacang-kacangan yang keras, dapat merusak enamel gigi. Jadi tetaplah berhati-hati saat mengunyah kacang.

12. Lakukan Pemeriksaan
Setiap 6 bulan sekali datanglah ke dokter gigi untuk pemeriksaan dan perawatan gigi Anda.

Nah itulah beberapa cara untuk menjaga kesehatan gigi kita. Artikel diatas yang mungkin dapat membantu anda untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Semoga cara diatas bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar