Senin, 29 September 2014

Cara Mengurangi Pemanasan Global


Pemanasan global atau dalam bahasa inggris “Global Warming” adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer di laut, daratan, dan bumi. Suhu rata-rata global pada permukaan bumi telah meningkat dengan drastis , hal ini terjadi dikarenakan meningkatnya konsentrasi gas- gas rumah kaca akibat aktifitas manusia melalui efek rumah kaca. Hal ini akan berdampak buruk jika suhu di permukaan bumi terus meningkat.




Setiap orang mempunyai peranan penting dalam mengurangi pemanasan global. Dengan mengubah kebiasaan buruk kita , kita bisa sedikit demi sedikit mengurangi pemasana global yang menyebabkkan meningkatnya suhu di bumi ini. Berikut saya akan mengulas beberapa tips atau cara untuk mengurangi pemanasan global atau global warming :
1.    Mengurangi mengonsumsi daging
Berdasarkan penelitian mengonsumsi 1 kg daging setara dengan menghabiskan sumber daya 15 kg gandum, dengan bervegetarian kita bisa menyelamatkan bumi dari kekurangan pangan, selain itu dengan bervegetarian tubuh kita akan terasa lebih sehat dan segar.

2.    Makan dan memasak dari bahan yang masih segar
Menghindari makanan yang sudah diolah atau dikemas akan membantu menurunkan energi yang terbuang akibat proses dan transportasi yang berulang-ulang. Hal ini juga berguna untuk mengurangi global warming dan lagi makanan segar juga lebih sehat bagi tubuh kita.

3.    Membeli produk lokal
Makanan organik lebih ramah lingkungan, jika kita membeli produk- produk lokal maka kita bisa menghemat energi terutama biaya transportasi

4.    Mendaur ulang alumunium, plastik dan kertas
Akan lebih baik jika kita bisa mendaur ulang bahan- bahan tersebut sehingga kita bisa menghemat pemakaiannya dengan menggunakannya berulang-ulang

5.    Hindari fast food
Makanan siap saji atau fast food merupakan penghasil sampah terbesar di dunia. Dengan tidak membeli makanan siap saji atau fast food kita bisa mengurangi global warming

6.    Membawa tas yang dapat dipakai ulang
Mungkin anda sudah sering mendengar ini, jika anda berbelanja harap gunakan lah tas yang dapat dipakai berulang-ulang , sehingga kita bisa menghindari pemakaian plastik/ kresek yang tidak bisa terurai dan bisa menyebabkan limbah dan sampah.

7.    Gunakanlah gelas yang dapat di cuci
Hindari menggunakan gelas plastik yang sekali pakai , atau hindari kita meminum air mineral dalam kemasan gelas plastik. Akan lebih baik jika kita membawa air dalam botol sendiri yang bisa dicuci dan dipakai berulang-ulang.

8.    Berbelanja di lingkungan sekitar anda
Dengan berbelanja di lingkungan sekitar yang dekat ,kita bisa menghemat pemakaian bbm atau bahan bakar minyak.

9.    Matikanlah peralatan elektronik jika sudah selesai dipakai
Hal ini adalah yang paling harus di ingat oleh kita semua, harap selalu kita ingat untuk mematikan listrik atau peralatan elektronik kita jika sudah selesai dipakai sehingga kita bisa menghemat pemakaian sumber energi listrik kita

10.    Menghijaukan lingkungan sekitar kita
Ini merupakan hal yang paling sering disuarakan, penghijauan tanaman sudah tak asing lagi bbagi kita semua. Dengan menanam satu dua pohon di halaman rumah kita , kita bisa sedikit demi sedikit mengurangi pemanasan global, akan lebih baik jika halaman rumah kita di hiasi banyak pohon dan tanaman, selain berfungsi mengurangi pemanasan global, hal ini juga berfungsi untuk menyegarkan udara di sekitar kita.

Itulah beberapa ulasan tentang cara mengurangi pemanasan global, saya yakin masih banyak cara atau ide- ide lainnya selain yang saya sebutkan di atas. Mulai saat ini mari kita jaga bumi kita ,lestarikan bumi kita untuk anak cucu kita di masa yang akan datang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar