Selasa, 30 September 2014

Bunga Sakura di Jepang


Kali ini saya akan membahas artikel tentang bunga sakura? Ada yang tahu bunga sakura seperti apa? Pastinya bunga ini tidak tumbuh di Indonesia melainkan di Jepang. Karena asal muasal dari bunga sakura adalah di negara jepang. Baiklah kita akan mulai membahasnya !




Tahukah kalian semua? Dari mana asal nama sakura pada bunga tersebut? Bunga sakura Sakura berasal dari kata "Saku" (dalam bahasa Jepang artinya "mekar") ditambah dengan akhiran yang menyatakan bentuk jamak "ra". Kalo dalam bahasa Inggris, bunga Sakura disebut cherry blossom.
Bunga sakura ini merupakan salah satu lambang negara Jepang, oleh karena itu sering disebut juga sebagai bunga nasional. Bunga sakura akan mekar pada musim semi , kalau di Jepang musim semi di mulai pada bulan April hingga akhir April. Kalian tahu tidak? Bagi orang Jepang, bunga Sakura merupakan simbol penting yang kerap diasosiasikan dengan perempuan, kehidupan, kematian, sehingga kita dapat menemukan lambang bunga Sakura di mana saja di Negara Jepang contohnya pada barang-barang konsumen seperti kimono, alat-alat tulis dan peralatan dapur.

Pohon Sakura merupakan pohon yang tergolong dalam familia Rosaceae, genus Prunus yang sejenis dengan pohon plum, peach atau apricot, tetapi secara umum Sakura digolongkan dalam subgenus sakura. Bunga sakura ini benar-benar indah ,namun bunga sakura ini tidak akan mekar setiap bulannya, oleh karena itu  orang-orang di Jepang akan memanfaatkan kesempatan langka ini untuk berpiknik di bawah pohon sakura , makan bekal dan bersantai bersama keluarga dan teman dan sanak saudara di bawah rindangnya pohon sakura merupakan hal yang sangat dinanti-nanti masyarakat Jepang.

Pohon Sakura berbunga setahun sekali, di pulau Honshu, kuncup bunga Sakura jenis Someiyoshino mulai terlihat di akhir musim dingin dan bunganya mekar di akhir bulan Maret sampai awal bulan April di saat cuaca mulai hangat.

Indahnya bukan ? melihat bunga sakura secara langsung merupakan kesempatan yang benar-benar langka, bukan hanya untuk masyarakat di luar negara Jepang, namun bagi masyarakat Jepang pula, mereka tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini dalam setahun sekali untuk menikmati suasana di sekitar pohon sakura . bagaimana? Semoga artikel ini menambah wawasan anda yang ingin tahu tentang bunga sakura .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar