Senin, 29 September 2014

Menjaga Kebersihan dan Kesehatan di Lingkungan Sekolah

Kebersihan sangatlah penting bagi kehidupan kita semua , baik kebersihan di rumah, tempat kerja, sekolah maupun tempat umum. Jika lingkungan di sekitar kita terjaga kebersihannya, maka kesehatan kita pun akan terjaga. Sebaliknya jika lingkungan di sekitar kita tidak terjaga kebersihannya maka akan sangat mudah menimbulkan virus- virus atau bakteri penyebab timbulnya berbagai macam penyakit.



Nah, bagaimana cara menjaga kebersihan di sekitar kita? Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana caranya menjaga kebersihan di lingkungan sekolah. Bagi kalian yang masih berstatus pelajar , pasti sudah tidak asing lagi dengan tugas piket sehari-hari, namun itu saja tidak cukup, selain tugas piket untuk menjaga kebersihan, kita juga membutuhkan beberapa cara untuk menjaga kesehatan kita juga, berikut ini beberapa cara untuk menjaga kebersihan dan kesehatan di lingkungan sekolah :

1.    Menyusun program sekolah hijau

apa yang dimaksud program hijau sekolah ?  pasti diantara kalian ada beberapa yang tahu apa itu program hijau sekolah. Program hijau sekolah adalah suatu kegiatan untuk menghijaukan lingkungan di sekolah , tujuannya adalah untuk menciptakan suasana yang sejuk dan asri ,caranya adalah dengan menanam beberapa pohon atau tanaman hijau di lingkungan sekolah , tentu saja akan lebih baik dengan tanaman dan pohon yang berkualitas. Jika lingkungan di sekolah sudah dilakukan penghijauan , maka udara di lingkungan sekolah pun akan terasa sejuk dan segar. Hal ini juga berguna untuk kesehatan warga di sekolah , dan juga dengan udara yang segar dan suasana yang sejuk , dapat bermanfaat untuk para siswa dan juga guru untuk memudahkan dalam melakukan aktifitas belajar dan mengajar.

2.    Menyediakan kantin sekolah yang bersih dan sehat

Di setiap sekolah pasti mempunyai kantin , setiap waktu untuk istirahat , para siswa biasanya menghabiskan sebagian waktunya untuk makan bersama teman- temannya di kantin. Kantin juga merupakan salah satu tempat yang wajib terjaga kebersihan dan kesehatannya. Selain kantin yang harus terjaga kebersihannya dari sampah, makanan yang di jual di kantin pun haruslah berkualitas , dengan makanan yang sehat maka akan membuat para siswa tercegah dari penyakit yang banyak ditimbulkan karena makanan, contohnya diare. Dengan menjaga kebersihan ruang kantin dan kualitas dari makanan itu sendiri, maka kesehatan para siswa pun kan terjaga dengan baik.

3.    Tersedianya tempat sampah berdasarkan jenis sampahnya

Nah, hal ini adalah salah satu yang harus diperhatikan para guru dan juga para siswa. Setiap sekolah diharuskan untuk menyediakan tempat sampah berdasarkan jenis sampahnya , seperti sampah organik dan anorganik. Dengan memilah sampah berdasarkan jenisnya , ini akan mengurangi bakteri yang ada di sekolah karena tercampurnya sampah yang mudah terurai dengan sampah yang tidak dapat terurai.

4.    Melaksanakan tata tertib kebersihan dan kesehatan sekolah

Tata tertib sekolah tentang kebersihan adalah salah satu yang harus dipatuhi dan dilaksanakan para warga sekolah. Seperti tugas piket sehari-hari yang wajib dilaksanakan, dan juga tidak membuang sampah sembarang di lingkungan sekolah , seperti membuang sampah di lapangan atau di tempat- tempat sekitar sekolah.

5.    Mengadakan ekstrakurikuler yang berbasis pada kecintaan terhadap lingkungan

Mungkin tidak semua sekolah yang memiliki ekstrakurikuler peduli terhadap lingkungan, bahkan mungkin jarang sekali. Seperti hal yang di atas, ini adalah salah satu cara untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah, dengan adanya ekskul ini, para siswa akan sadar betapa pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekolah, dengan meningkatnya kesadaran para siswa, maka mereka akan dengan terbiasanya menjaga kebersihan sekolah mereka.

6.    Mengadakan lomba antar kelas tentang kebersihan lingkungan

Pasti ada beberapa di antara kalian yang sekolahnya pernah mengadakan lomba antar kelas tentang kebersihan sekolah. Seperti contohnya lomba kelas paling bersih , hal ini juga bermanfaat bagi para siswa untuk menumbuhkan kesadaran mereka tentang kebersihan sekolah.

7.    Melatih dan menanamkan minat di bidang olahraga

Ini adalah salah satu cara yang bisa diterapkan kepada para siswa, yaitu dengan melatih para siswa untuk menyukai olahraga, apalagi untuk siswa yang memilik bakat olahraga tertentu, akan lebih mudah untuk melatih minat mereka. Dengan adanya minat terhadap olahraga, maka para siswa akan terbiasa untuk menjaga kesehatan mereka.

8.    Memberikan pemahaman kepada para siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan yang sehat da bersih

Para guru harus membiasakan memberikan pemahaman kepada para siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan, tidak hanya lingkungan sekolah, tapi juga di rumah, di tempat umum sekalipun. Jika lingkungan di sekitar mereka bersih, maka kesehatan mereka juga akan terjaga.

9.    Memberikan keterampilan tentang mendaur ulang sampah anorganik

Selain harus dilatih untuk membuang sampah berdasarkan jenisnya,  para siswa juga harus belajar tentang sampah yang bisa di daur  ulang. Sampah- sampah itu di antaranya plastik, karet, kaleng dan lain-lain. Jika siswa bisa mendaur ulang sampah tersebut, hal ini bisa menguarangi sampah yang mencemari lingkungan sekitar kita.

Nah, itu dia beberapa cara untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di sekolah, selain cara di atas sebenarnya masih banyak cara lainnya. Kesehatan sangatlah berharga dan mahal harganya, mengapa? Karena jika sudah sakit, kita tidak sedikit mengeluarkan biaya untuk pengobatan kita. Salah satu cara menjaga kesehatan kita yaitu menjaga kebersihan di lingkungan sekitar kita tinggal.

Itulah artikel yang bisa saya ulas untuk anda semua, semoga artikel di atas bermanfaat untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar