Selasa, 30 September 2014

Bunga Lavender dan Manfaatnya


Kalian pasti tahu kan bunga lavender ? yap , bunga yang memiliki bentuk indah, berwarna ungu dan mempunyai wangi yang sangaat harum. Banyak diantara kita yang mengenal bunga lavender karena kegunaannya , di antaranya ada yang digunakan sebagai lotion anti nyamuk.

Mari mengenal lebih jauh tentang bunga yang cantik ini. Bunga lavender atau dalam bahasa latinnya lavandula afficinalis syn.L angustifolia adalah bunga cantik yang bentuknya seperti rumput raksasa dan berwarna ungu serta memiliki wangi yang sangat harum dan tahan lama. Bentuk pohonnya memang seperti rumput atau bisa juga disebut mirip ilalang ,, ilalang yang berwarna ungu. Tanaman ini berasal dari Eropa , tepatnya di negara Prancis yang dimanfaatkan sebagai parfum, perlengkapan upacara keagamaan pada jaman romawi kuno.



Orang roma menyebut bunga lavender dengan sebutan lavare yang artinya mencuci atau menyegarkan. Hal ini karena setiap orang yang memandang bunga yang indah nan harum ini merasakan kesegaran yang terasa sampai bisa menjernihkan otak. Bunga lavender ini memang menarik hati setiap orang yang melihatnya, selain karena indah, bunga ini juga memiliki wangi yang sangat harum dan sering digunakan orang-orang untuk parfum , lotion, pewangi pakaian , sabun mandi dan lain-lainnya.

Tahukah anda? Bunga lavender juga bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan, yaitu salah satu contohnya adalah bunga ini jika diolah menjadi minyak esensial, bisa digunakan untuk membantu mengatasi masalah insomnia. Bukti ilmiah telah menunjukkan bahwa wangi bunga lavender ini bisa digunakan sebagai aromaterapi. Wangi dari bunga lavender bisa membuat kita rileks, dan bisa juga meningkatkan kualitas tidur kita. Dan kegunaan lain dari bunga lavender ini adalah dapat mencegah kerontokan rambut, caranya dengan menggunakan minyak esensial dari bunga lavender , lalu dioleskan dan dipijat- pijat pada daerah kepala dan rambut. Hal ini terbukti setelah 7 bulan, rambut akan cepat tumbuh dan kerontokan akan berkurang, ini lebih efektif daripada pemijatan kepala tanpa minyak esensial.

Bunga lavender ini memang banyak sekali mempunyai manfaat, selain yang telah disebutkan di atas , masih banyak manfaat lainnya. Karena bunga lavender bisa membuat kita rileks jika menghirup aromanya , maka bunga lavender ini juga sering dipakai sebagai pengharum ruangan, pengharum aromaterapi di dalam ruangan.

Luar biasa bukan? Selain bentuknya yang indah dan menyejukkan mata, bunga lavender ini juga memiliki banyak manfaat dan kegunaan, serta dapat juga dipakai untuk pengobatan. Siapa sih yang tidak ingin menikmati manfaat dari bunga lavender ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar