Selasa, 30 September 2014

Mengenal Tentang Bunga Melati


Tak ada yang tak kenal dengan bunga yang satu, bunga yang sebagian orang menyebutnya jasmine, yap ini adalah bunga melati. Tak dapat dipungkiri bahwa bunga ini memiliki banyak faedah , bunga ini memiliki banyak manfaat, selain sebagai parfum bunga ini juga bisa dipakai untuk kesehatan kita.
Melati atau dalam bahasa latinnya Jasminum sambac (L) Ait adalah bunga yang memilki kelopak yang sangat indah dan berwarna putih bersih. Bunga melati ini juga banyak memiliki nama di daerahnya masing- masing, ada yang menyebutnya bunga manuru, malati, bunga mo puti dan sebagainya.





Tanaman ini adalah salah satu kategori tanaman jenis perdu yang bisa menggantung sampai ketinggian 3 meter, tanaman ini  lebih banyak dimanfaatkan bunganya baik sebagai riasan pengantin, maupun untuk bahan industri parfum. Seperti halnya bunga lavender , bunga melati ini juga memiliki banyak kegunaan, selain yang tadi disebutkan, bunga melati ini juga bisa digunakan untuk kesehatan, seperti mengatasi insomnia, seluruh tanaman ini memiliki banyak manfaat, bunga dan daun melati bisa digunakan untuk mengatasi radang mata merah, menghentikan produksi ASI yang berlebihan dan juga bisa mengatasi sesak nafas. Dan bagian dari akar bunga melati ini dapat digunakan insomnia dan mengobati bengkak akibat gigitan binatang.

Nah, kalian tahu kan banyak manfaat dari tanaman melati. Tanaman ini awalnya dipakai sebagai tanaman hias , namun dengan berjalannya waktu, orang –orang tahu akan kegunaan dan manfaat bunga melati. Bunga melati juga bisa digunakan sebagai aromaterapi,  bunga melati diolah menjadi minyak esensial dan wanginya dapat di gunakan untuk menyegarkan pikiran kita.



Bunga melati ini biasa tumbuh di daerah pegunungan, di Indonesia ada beberapa jenis bunga melati yang sudah terindetifikasi namun masih banyak juga bunga melati yang belum teridentifikasi dan tumbuh liar di sepanjang pegunungan dan juga hutan. Kita bisa menemukan banyak bunga melati yang diantaranya terdapat di Taman Wisata Alam Cimanggu, Ciwidey, Bandung Selatan dan Taman Nasional Gunung Halimun, Sukabumi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar