Rabu, 01 Oktober 2014

Cara Belajar yang Efektif dan Efisien

Untuk teman-teman yang masih duduk di bangku sekolah pasti akan selalu berhadapan dengan yang namanya ulangan harian dan ujian sekolah. Wah, hal itu kadang membuat otak kita stres dan panas ketika kita harus belajar untuk ujian namun di tempat dan waktu yang sangat tidak nyaman. Apalagi jika ada orang- orang yang mengganggu konsentrasi belajar kita. Alhasil, belajar pun tidak efektif karena materinya tidak dapat diserap dan parahnya malah menambah stres otak kita.


Hemm bagaimana cara kita menyikapinya ? berikut ini ada beberapa cara untuk bisa belajar dengan efektif dan juga efisien, apa saja? Silahkan di simak !

Pertama:
Buat suasana belajar yang nyaman, hal ini sangat membantu kita untuk berkonsentrasi terhadap materi yang akan kita pelajari. Buatlah suasana senyaman mungkin , karena dengan suasana yag nyaman mood kita pun akan membaik dan membuat kita lebih bersemangat untuk belajar
Kedua :
Merangkum pokok pembelajaran
Hal ini sangat penting bagi kalian para siswa , jangan dibiasakan untuk membaca satu buku penuh, karena selain sulit untuk mencernanya, hal itu  tidak akan efektif sama sekali. Buatlah rangkuman pokok pembelajaran, catatlah inti – inti dari pelajaran yang akan kita pelajari, dan buat ringkasannya dengan menggunakan bahasa kita sendiri agar mudah dipahami dan diingat.

Ketiga :
Belajar bersama
Ini adalah metode yang paling baik untuk dilakukan saat belajar, jika belajar sendiri membuat kita merasa bosan dan mengantuk, cob buatlah kelompok belajar bersama teman-teman  kalian, akan lebih baik jika bisa belajar bersama, karena dengan belajar bersama kita bisa saling melakukan tanya jawab dan bisa langsung mengoreksi jika kita menjawab pertanyaan dengan jawaban kita yang salah.

Keempat :
Belajar dengan praktik
Untuk beberapa mata pelajaran yang dibutuhkan praktik, hal ini juga sangat berguna untuk kalian semua. Jangan hanya mempelajari torinya saja, namun kita juga harus pandai dalam mempraktekkannya.

Kelima :
Belajar rutin tapi jangan terlalu lama
Ini adalah hal yang penting yang harus kalian lakukan. Belajar sangatlah penting bagi kita semua, namun ingatlah, ketika kita ingin menguasai sesuatu, pastilah kita harus rajin belajar, namun jika kita terlalu lama belajar, maka otak kita pun akan kelelahan dalam mencerna pelajaran yang kita dapat. Belajarlah setiap hari secara rutin, namun jangan memakan waktu terlalu lama, misalnya jika dalam satu hari kita bisa belajar selama 1 jam, maka lakukanlah. Yang terpenting kualitas belajar kita baik.


Keenam :
Mengerti bukan menghafal
Nah ini adalah satu hal penting yang harus selalu kalian ingat sampai kapanpun, hehe. Belajar itu intinya adalah kita bisa mengerti akan suatu pembelajaran. Belajar yang baik itu adalah berusaha untuk mengerti pembelajaran itu sendiri bukan menghafalnya. Contohnya dalam pelajaran bahasa indonesia, yang terpenting kita harus mengerti cara penulisan kalimat yang benar dan baik, bukan malah menghafal rumus nya. Jika kita sudah mengerti dan memahami, maka proses belajar pun akan menjadi mudah, ketika kita mengerjakan soal pun akan lebih mudah dipahami.

Itulah beberapa cara yang bisa saya sampaikan pada kalian semua. Belajar adalah suatu kewajiban kita, sebagai generasi penerus bangsa ini kita wajib mempersembahkan yang terbaik untuk masa yang akan datang. Semoga bermanfaat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar