Rabu, 01 Oktober 2014

Manfaat Dari Tanaman Bunga Matahari


Selamat siang , kali ini saya akan membahas manfaat bunga matahari. Mungkin ada diantara kalian yang tidak begitu tahu tentang manfaat bunga matahari, tapi jika soal biji bunga matahari, saya yakin kalian semua pasti mengetahuinya.
Bunga matahari dalam bahasa latin disebut juga Helianthus annuus L. Bunga matahari ini juga dikenal dengan nama daerah bunga panca matoari, kembang srengenge, tampong are atau purbanegara. Ternyata bunga matahari ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita , bunga matahari ini juga bisa dijadikan pengobatan suatu penyakit.




Tahukah anda? Seluruh bagian tanaman bunga matahari ini memiliki banyak manfaat. Pada bagian bunganya, bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan rasa nyeri. Lalu pada biji bunga matahari berkhasiat sebagai anti disentri, merangsang pengeluaran cairan tubuh dan merangsang pengeluaran penyakit campak. Nah pada bagian daunnya bermanfaat untuk anti radang, mengurangi rasa nyeri dan anti malaria sedangkan pada bagian akarnya bermanfaat untuk anti radang, peluruh air seni, pereda batuk, menghilangkan nyeri. Sumsum dari batang bunga matahari ini juga mempunyai manfaat loh, apakah itu? Yaitu berkhasiat untuk merangsang energi vital, menenangkan liver, merangsang pengerluaran air kemih, menghilangkan rasa nyeri waktu buang air kemih.

Di bawah ini ada beberapa penyakit yang dapat disembuhkan melalui pengobatan  dari tanaman bunga matahari ini, diantaranya yaitu :
1.    Bagian bunga dapat mengobati tekanan darah tinggi, sakit kepala, sakit gigi, pusing, nyeri menstruasi, nyeri lambung, radang payudara, rheumatik dan sulit melahirkan.
2.    Bagian bijinya dapat mengobati kurang nafsu makan, lesu, disentri berdarah, merangsang pengeluaran penyakit campak.
3.    Bagian akarnya juga bermanfaat untuk mengobati infeksi saluran kencing, batuk rejan, radang saluran nafas, dan keputihan.
4.    Daun bunga matahari berfungsi ampuh untuk mengobati sakit malaria
5.    Nah ini dia, sumsum dari batang bunga matahari dapat mengobati beberapa jenis penyakit seperti kanker lambung, juga untuk nyeri lambung, buang air kemih sukar dan nyeri , nyeri buang air kemih pada batu saluran kencing, air kemih berdarah  dan air kemih berlemak.
6.    Untuk akar, batang , daun dan bunga jika dicampurkan dapat mengobati penyakit kencing batu.

Nah, bagaimana para pembaca? Tahu kan sekarang bahwa bunga matahari ini tidak hanya sebagai hiasan untuk taman rumah anda saja, melainkan tanaman yang sangat produktif sekali, karena semua bagian bunga matahari dari bagian bunga sampai akarnya memiliki khasiat untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Apa anda tertarik? Silahkan menanam bunga matahari di sekitar pekarangan rumah anda , dan buktikan manfaatnya sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar